• Kamis, 8 Desember 2022

Pemilu 2024, Purwakarta Bakal Nambah Kursi dan Nambah Dapil?

- Rabu, 26 Januari 2022 | 17:00 WIB
Ilustrasi kotak suara Pemilu. (pixabay.com)
Ilustrasi kotak suara Pemilu. (pixabay.com)

SINAR JABAR - Belum lama ini, parlemen, pemerintah dan penyelenggara pemilihan umum (Pemilu) dalam hal ini KPU, Bawaslu dan DKPP telah menyepakati bahwa Pemilu 2024 akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

Dalam konteks Kabupaten Purwakarta, yang pada Pemilu 2019 berpenduduk kurang dari satu juta jiwa dengan enam daerah pemilihan dan 45 kursi legislatif, pada saatnya nanti atau seiring dengan pertumbuhan penduduk, penambahan dapil dan jumlah kursi wakil rakyat, dimungkinkan bakal terjadi.

Komisioner Bawaslu Purwakarta, Oyang ST Binos mengungkapkan, penambahan kursi legislatif dan pergeseran dapil itu sangat mungkin terjadi. Tentu saja, hal itu juga tergantung pada kesepakatan pihak peserta dan penyelenggara pemilu.

Baca Juga: Sadis, Minta Rujuk Ditolak Pria di Purwakarta Bacok Mantan Istri

"Pada saatnya nanti, pilihan pergeseran dapil atau penambahan kursi legislatif pasti akan disampaikan KPU kepada parpol khususnya saat tahap penataan dapil berlangsung. Jika melihat draft rancangan tahapan yang selama ini beredar, penataan dapil akan dilakukan sekitar Oktober 2022," kata Binos kepada awak media, Rabu, 26 Januari 2022.

Menurutnya, perubahan dapil dimungkinkan terjadi dengan tetap memperhatikan tujuh prinsip penataan dapil, yaitu; kesetaraan suara, ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional, proporsionalitas, integrasi wilayah, cakupan wilayah yang sama, kohetivitas dan kesinambungan.

"Dapil yang jumlah suaranya cukup gemuk, berpotensi dilakukan pergeseran. Untuk kepastiannya, kita masih menunggu peraturan KPU terbaru tentang tahapan pemilu, pasca disepakatinya Pemilu Serentak oleh pemerintah dan DPR yang akan digelar pada 14 Februari 2024 mendatang," ujarnya.

Baca Juga: Hati-hati, Kasus Positif Covid-19 di Purwakarta Meningkat

Binos juga mengatakan, dengan adanya ruang penataan dapil, partai politik peserta pemilu diharapkan proaktif memberikan kontribusi, masukan dan ide untuk desain dapil yang lebih ideal.

Halaman:

Editor: M. Rizal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Polres Purwakarta Ringkus 9 Pengedar Narkoba

Rabu, 7 Desember 2022 | 16:01 WIB

Kabupaten Purwakarta Kembali Terima Penghargaan

Selasa, 6 Desember 2022 | 09:47 WIB

Pemotor Perempuan Tewas Terlindas Truk di Purwakarta

Senin, 5 Desember 2022 | 21:34 WIB

HIV/AIDS di Purwakarta Tembus 998 Kasus

Senin, 5 Desember 2022 | 11:34 WIB
X