• Selasa, 24 Mei 2022

Wifi Gratis di Sekitar Alun-alun Kota, Program Pemkot Bogor dan PT KAI

- Kamis, 31 Maret 2022 | 17:25 WIB
Wifi Gratis di Sekitar Alun-alun Kota, Program Pemkot Bogor dan PT KAI. (Ilustrasi/pixabay.com)
Wifi Gratis di Sekitar Alun-alun Kota, Program Pemkot Bogor dan PT KAI. (Ilustrasi/pixabay.com)

SINAR JABAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat, bersama PT. Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan jaringan internet tanpa kabel atau (wifi) gratis dengan kecepatan maksimum 2.000 mbps bagi masyarakat di sekitar alun-alun kota, Kamis, 31 Maret 2022.

Dalam peluncuran penyediaan wifi gratis di area Stasiun dan ruang publik alun-alun kota ini mendapatkan rekor MURI tercepat di dunia dengan rata-rata 1.500-1.900 mbps.

"Terima kasih PT. KAI dan Searce (pihak ketiga) atas kolaborasinya. Ini yang saya maksud sebagai akselerasi, Pemerintah daerah membangun infrastruktur ruang publiknya, KAI menata dan menyediakan fasilitas pendukungnya," ujarnya Bima Arya dalam peluncuran penyediaan wifi gratis.

Baca Juga: Kejaksaan Amankan Dua Oknum Auditor BPK Perwakilan dan uang Rp350 Juta di Bekasi

Menurut Bima Arya, dari konsep revitalisasi, integrasi dan akselerasi, ruang publik dikembalikan kepada publik untuk bisa dimanfaatkan agar terintegrasi dengan wilayah sekitar dan kemudian terjadi akselerasi kegiatan-kegiatan ekonomi yang bermanfaat bagi warga.

"Ini contoh bagaimana tiga pasak itu bisa dilakukan dengan tanpa mengandalkan APBD saja," katanya.

Ia meyakinkan fasilitas tersebut akan seterusnya gratis selama Kota Bogor masih berdiri bagi masyarakat yang akan berkegiatan di sekitar alun-alun kota, baik bekerja, bermain atau bersantai.

Baca Juga: Seorang Karyawati di Purwakarta Tewas Terlindas Truk

Penataan alun-alun pun akan terus berlanjut dengan menyediakan tempat sampah, kursi dan pedestrian dari anggaran pemerintah daerah.

Sementara, PT. KAI pun akan melaksanakan porsinya, yakni membuat kafe-kafe yang dapat dijangkau oleh pengunjung alun-alun.

Alun-alun Kota Bogor diapit oleh Stasiun Bogor yang berdiri sejak tahun 1881 dan Masjid Agung Bogor yang masih dalam pembangunan hingga 2023.

Baca Juga: Pengamen Topeng Monyet di Tasikmalaya Terjaring Razia

Selain itu, Alun-alun dan Stasiun Bogor juga dekat dengan Balai Kota Bogor, Mapolresta Bogor Kota dan Pasar Kebon Kembang.

Di dalamnya terdapat beberapa fasilitas seperti area bermain anak, olahraga, taman, religi.

"Penataan ini akan terus berlanjut. Ini hanya salah satu cara untuk mengisi ruang publik ini dengan fasilitas infrastruktur yang bermanfaat bagi warga," kata Bima Arya.

Baca Juga: Menko Marves Luhut Cek Tunnel 6 Proyek KCJB di Purwakarta

Sementara itu, Executive Vice President (EVP) Daerah Operasional 1 Jakarta PT. KAI Suryawan Putra Hia mengatakan rekor MURI yang didapatkan bukanlah tujuan. Pihaknya hanya ingin memaksimalkan layanan bagi masyarakat.

"Bukan tujuan sebenarnya. Yang terpenting masyarakat mendapat manfaat yang baik," ujarnya.***

Editor: M. Rizal

Sumber: jabar.antaranews.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sapi Terjangkit PMK di Purwakarta Bertambah

Senin, 23 Mei 2022 | 15:13 WIB
X