• Minggu, 3 Juli 2022

Ditemukan Sapi di Tasikmalaya Positif PMK

- Kamis, 19 Mei 2022 | 15:23 WIB
Ditemukan Sapi di Tasikmalaya Positif PMK. (Ilustrasi/pixabay.com)
Ditemukan Sapi di Tasikmalaya Positif PMK. (Ilustrasi/pixabay.com)

SINAR JABAR - Petugas Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, menemukan adanya sapi yang positif tejangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Kepala DKP3 Kota Tasikmalaya, Adang Mulyana mengatakan dari 316 sampel sapi yang diperiksa, 7 sapi dinyatakan positif terjangkit PMK.

Saat ini, kata Adang, sapi yang positif terjangkit PMK itu sedang dalam perawatan intensif oleh tim kesehatan hewan dinas setempat dan diyakini dalam waktu kurang sebulan akan sembuh.

Baca Juga: Kemenkes: Masih Ada Calon Jemaah Haji Belum Divaksinasi Dosis Lengkap

"Dari 316 sampel sapi sampai hari ini, setelah pemeriksaan laboratorium, ada 7 yang positif," kata Adang, Kamis 19 Mei 2022.

Selain itu, ujar Adang, ada 116 suspek dengan gejala yang sama. Jika tertangani, tingkat kematiannya hanya 3 persen dan dapat sembuh dalam waktu kurang dari sebulan.

Adang menerangkan, tidak sampai banyak menyebarnya PMK di Kota Tasikmalaya akibat cepat penanganan saat ditemukan kali pertama penyebaran di Pasar Hewan, Cineam, Kabupaten Tasikmalaya.

Baca Juga: Satgas Covid-19 Terbitkan SE Ketentuan Terbaru Perjalanan Domestik

Selain sapi, hewan lainnya seperti domba dan kambing terdapat belasan ekor yang suspek dan sedang dalam pengawasan dan penanganan.

Halaman:

Editor: M. Rizal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SK Kepanitiaan Mukab Kadin Purwakarta Dicabut

Sabtu, 2 Juli 2022 | 16:34 WIB

Polisi Berlakukan One Way Arah Puncak Bogor

Sabtu, 2 Juli 2022 | 11:20 WIB
X