• Minggu, 3 Juli 2022

Tahun Ini, Rakyat Purwakarta Mulai Nyicil Dana Pilkada

- Senin, 23 Mei 2022 | 13:22 WIB
Tahun Ini, Rakyat Mulai Nyicil Dana Pilkada. (Istimewa)
Tahun Ini, Rakyat Mulai Nyicil Dana Pilkada. (Istimewa)

SINAR JABAR - Gelaran Pilkada Purwakarta 2024 mendatang membutuhkan anggaran yang tidak sedikit untuk membiayai setiap tahapan. Mulai dari persiapan, hasil penyelenggaraan hingga pelantikan.

Untuk Pilkada tersebut, KPU Purwakarta membutuhkan anggaran sekitar Rp48 miliar. Sementara, meski masih dalam kajian, Bawaslu Purwakarta memperkirakan kebutuhan anggaran untuk Pilkada tersebut dikisaran Rp18 miliar.

Namun demikian, situasi pandemi Covid-19 yang terjadi dua tahun terakhir ini, menyebabkan terjadi refocusing anggaran yang berpengaruh terhadap keuangan negara. Termasuk struktur APBD Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga: Polisi Sebut Kecelakaan Bus Pariwisata di Ciamis Diduga Akibat Rem Blong

Mau tidak mau, untuk memenuhi anggaran Pilkada tersebut, pemerintah harus menyicil atau mencadangkan dana Pilkada selama tiga tahun berturut-turut. Mulai dari tahun 2022 ini, 2023 dan 2024 mendatang.

Untuk mengatasi hal tersebut, secara teknis, jajaran DPRD Kabupaten Purwakarta mengambil langkah untuk menginisiasi Raperda tentang dana cadangan Pemilu serentak tahun 2024.

"Raperda tentang dana cadangan pemilu serentak tahun 2024 menjadi penting agar beban anggaran dapat terbagi secara merata sesuai kemampuan keuangan daerah selama tiga tahun yaitu tahun 2022, 2023 dan 2024, sehingga tidak memberatkan APBD pada tahun bertepatan dengan pelaksanaan Pilkada nanti," kata Ketua Pansus B DPRD Purwakarta, Zusyef Gusnawan, Senin, 23 Mei 2022.

Baca Juga: SA Institut Apresiasi Kejagung Bongkar Skandal Minyak Goreng

Soal berapa dana yang dicadangkan setiap tahunnya, Ketua Fraksi Gerindra itu mengatakan hal tersebut akan diputuskan bersama dengan eksekutif.

Halaman:

Editor: M. Rizal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SK Kepanitiaan Mukab Kadin Purwakarta Dicabut

Sabtu, 2 Juli 2022 | 16:34 WIB

Polisi Berlakukan One Way Arah Puncak Bogor

Sabtu, 2 Juli 2022 | 11:20 WIB
X