• Minggu, 25 September 2022

Soal Rencana Relokasi 10 Rumah Terdampak Pergeseran Tanah di Bogor, Ini Kata DPKPP

- Kamis, 22 September 2022 | 18:40 WIB
Kondisi lokasi bencana pergeseran tanah di Desa Bojongkoneng, Kecamatan Babakanmadang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.(Antara/M Fikri Setiawan)
Kondisi lokasi bencana pergeseran tanah di Desa Bojongkoneng, Kecamatan Babakanmadang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.(Antara/M Fikri Setiawan)

SINAR JABAR - Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, berencana merelokasi 10 rumah yang terdampak bencana pergeseran tanah di Desa Bojongkoneng Kecamatan Babakanmadang.

Kepala DPKPP Kabupaten Bogor, Ajat Rochmat Jatnika menyebutkan instansinya sedang mencari lahan sebagai tempat relokasi korban bencana pergerakan

"Lokasi kejadian ini perlu penanganan khusus. Karena pergerakan tanah masih terjadi cukup masif. Saat ini, penanganan kedaruratan dulu, sambil kita cari tempat untuk relokasi," kata Ajat di Cibinong, Bogor, Kamis 22 September 2022.

Baca Juga: November 2022, Bandara Kertajati Akan Buka Rute Penerbangan Untuk Umroh

Menurutnya, sementara waktu warga yang terdampak bencana diungsikan ke tempat yang lebih aman, seperti rumah sanak saudara dan pengungsian yang telah disiapkan pemerintah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mencatat 41 warga mengungsi akibat bencana pergerakan tanah yang terjadi di Desa Bojongkoneng, Kecamatan Babakanmadang, Kabupaten Bogor.

Pelaksana Tugas Bupati Bogor Iwan Setiawan menygatakan Pemkab Bogor segera menentukan status keamanan lokasi yang ditempati warga saat ini.

Baca Juga: Aksi Pengamen di Tasikmalaya, Masuk Gorong-Gorong Bersihkan Sampah, Sempat Bikin Panik Warga

"Saya ingin ada kajian yang lebih maksimal, agar saat kita relokasi tidak ada lagi yang tinggal di atas tanah ini. Dan nantinya kualitas rumah yang dibangun pun harus berbeda, yakni yang didesain khusus anti gempa," ujarnya. ***

Halaman:

Editor: Anas Ali Hamzah

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mobil Elf Tabrak Truk Fuso, 5 Orang Tewas

Sabtu, 24 September 2022 | 14:31 WIB

Bandung Perlu 2 Jalan Layang Baru untuk Urai Kemacetan

Jumat, 23 September 2022 | 12:19 WIB

Satpol PP Kota Tasikmalaya Musnahkan Ribuan Botol Miras

Jumat, 23 September 2022 | 10:24 WIB
X