Harga Sayuran di Purwakarta Naik, Pedagang dan Pembeli Mengeluh

- Senin, 5 Desember 2022 | 13:20 WIB
Harga Sayuran di Purwakarta Naik, Pedagang dan Pembeli Mengeluh. (Foto: Sinarjabar.com)
Harga Sayuran di Purwakarta Naik, Pedagang dan Pembeli Mengeluh. (Foto: Sinarjabar.com)

SINAR JABAR - Disebabkan karena faktor cuaca serta jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), harga sayuran di Kabupaten Purwakarta, mulai merangkak naik.

Pantauan awak media di pasar tradisional Pasar Rebo Purwakarta hampir semua jenis sayuran seperti cabai alami kenaikan sekitar Rp8 ribu perkilogramnya. 

"Naik sedikit, rawit ijo, merah sama kriting cabai merah, mungkin karena mau tahun baru kan suka naik dan karena hujan, jadi barang jelek kalo ujan," ujar Mae Salah satu pedagang sayuran di Pasar Rebo Purwakarta, Senin, 5 Desember 2022.

Baca Juga: HIV/AIDS di Purwakarta Tembus 998 Kasus

Harga yang naik, seperti cabai rawit merah dari harga awal Rp42 ribu per kilogram kini menjadi Rp50 ribu, cabai rawit hijau dari Rp32 ribu menjadi Rp40 ribu, cabai kriting merah dari Rp30 ribu menjadi Rp40 tahun ini per kilogran

Selain cabai, lanjut dia, kenaikan juga terjadi pada harga tomat dari Rp10 ribu menjadi Rp20 ribu per kilogram. Kemudian harga kol dari Rp5 ribu perkilogramnya kini menjadi Rp9 ribu dan harga jengkol dari harga Rp18 ribu kini menjadi Rp 25 ribu perkilogramnya.

"Omset turun setengahnya, awalnya pembeli beli sekilo jadi setengah kilo, setengah jadi seperempat, ya biasanya mendekati Natal naik lagi," ungkap Mae.

Baca Juga: Mahfud MD: Yudo Margono Mampu Lanjutkan Tugas Andika Perkasa sebagai Panglima TNI

Hal senada juga di ungkapkan pedagang lainnya, Saeful Arifin, kenaikan ini sudah terjadi dalam dua pekan terakhir.

Halaman:

Editor: M. Rizal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X