• Minggu, 3 Juli 2022

DAMRI Terapkan Syarat Perjalanan Terbaru Berdasarkan SE 54

- Selasa, 24 Mei 2022 | 11:18 WIB
DAMRI Terapkan Syarat Perjalanan Terbaru Berdasarkan SE 54. (Dok. DAMRI)
DAMRI Terapkan Syarat Perjalanan Terbaru Berdasarkan SE 54. (Dok. DAMRI)

SINAR JABAR - Pelanggan DAMRI yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua dan booster tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen.

Tidak diwajibkan tes RT-PCR atau rapid test antigen bagi pelanggan DAMRI yang sudah vaksinasi dosis kedua dan boster tersebut syarat perjalanan terbaru melalui Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 54 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Darat pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), dan Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 18 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Covid-19.

Plt. Corporate Secretary DAMRI Siti Inda Suri menyambut baik putusan syarat perjalanan melalui transportasi darat tersebut.

Baca Juga: TMII Sementara Ditutup Bagi Wisatawan

"Dengan syarat terbaru yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan per 18 Mei 2022, diharapkan hal ini mampu meningkatkan kembali animo masyarakat dalam menggunakan transportasi darat, tentunya dengan harapan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia," ujarnya dikutip dari laman resmi BUMN, Selasa, 24 Mei 2022.

Berlakunya SE tersebut mengeluarkan beberapa persyaratan perjalanan yang harus dipatuhi oleh seluruh Pelaku Perjalanan Orang Dalam Negeri (PPDN) dengan transportasi darat pada masa pandemi Covid-19, di antaranya, wajib mengunduh dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi setiap melakukan perjalanan dalam negeri, bagi pelanggan DAMRI yang tidak memiliki smartphone pendukung aplikasi PeduliLindungi, maka dapat menunjukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Pelanggan yang sudah mendapatkan vaksin dosis kedua atau ketiga (booster) tidak diwajibkan untuk menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen,

Baca Juga: KPK Telusuri Dugaan Bupati Ade Yasin Kumpulkan Uang dari Para Kontraktor

Kemudian pelanggan yang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama wajib menunjukkan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1 x 24 jam atau hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan.

Halaman:

Editor: M. Rizal

Sumber: bumn.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Naik Candi Borobudur Bakal Pakai Sandal Khusus

Kamis, 9 Juni 2022 | 12:00 WIB
X