Polisi di Purwakarta Edukasi Warga Terkait Pencegahan Kebakaran Lahan dan Hutan

- Senin, 11 September 2023 | 14:30 WIB
Bhabinkamtibmas Polsek Plered, Polres Purwakarta saat edukasi warga dalam pencegahan kebakaran lahan dan hutan. (Foto: Dok Polsek Plered)
Bhabinkamtibmas Polsek Plered, Polres Purwakarta saat edukasi warga dalam pencegahan kebakaran lahan dan hutan. (Foto: Dok Polsek Plered)

SINAR JABAR - Upaya pencegahan terjadinya kebakaran lahan dan hutan (karhutla) dan wilayah pemukiman, jajaran Polres Purwakarta, Polda Jawa Barat gencar lakukan edukasi kepada masyarakat. 

Seperti yang dilakukan Polsek Plered, Polres Purwakarta yang mengedukasi masyarakat terkait pencegahan kebakaran lahan dan hutan melalui patroli dialogis. 

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kapolsek Plered, AKP Ali Murtadho mengatakan, potensi karhutla cukup besar terjadi lantaran Indonesia sudah memasuki puncak musim kemarau pada Agustus-September 2023.

Baca Juga: BPBD: Sudah Ada 13 desa di Karawang yang Dilanda Kekeringan

Baca Juga: Tangkal Serangan Terhadap Prabowo, Dedi Mulyadi Beri Jawaban Menohok Soal Makan dan Berobat Gratis

Baca Juga: KPK Terima Ribuan Aduan Dugaan Korupsi Sepanjang Tahun 2023

"Selain penindakan ada upaya-upaya pencegahan, pencegahan itu bisa preemtif, preventif yang dilakukan Polsek Plered dalam mencegah kebakaran lahan dan hutan di wilayah hukum Polsek Plered, salah satunya melalui patroli dialogis," ucap Ali, pada Senin, 11 September 2023.

Kapolsek menjelaskan, upaya preemtif dapat dilakukan dengan memberikan edukasi kepada masyarakat, misalnya untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan.

"Musim kemarau yang terjadi saat ini cukup panas dan kemungkinan akan berlangsung dalam jangka waktu lama sehingga dibutuhkan kewaspadaan bersama agar bisa melakukan pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan," Ujarnya. 

Baca Juga: Wisata ke Curug Kembar, Belasan Santri Sempat Tersesat, Ini Penyebabnya

Baca Juga: Pengurus DPD Golkar Purwakarta Dibawah Pimpinan Anne Ratna Mustika Resmi Dilantik

Baca Juga: Kang Ace: Anne Ratna Mustika Bawa Spirit Baru untuk Kemenangan Golkar Purwakarta

Untuk itu, kata Ali, warga diminta untuk melakukan pencegahan dengan cara tidak melakukan pembakaran sampah sembarangan, tidak membuang puntung rokok sembarangan, dan aktivitas lain yang berpotensi menyebabkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

"Sekarang musim panas dan rawan terjadi kebakaran hutan, mari bersama-sama menjaga lingkungan tetap kondusif. Dari hal-hal yang sepele kita harus mengingatkan misalnya membuang puntung rokok sembarangan, kadang membuang puntung rokok di dalam kotak sampah, kotak sampahnya bisa membuat kebakaran, nah ini kebakaran permukiman-permukiman," ucapnya.

Halaman:

Editor: Ikbal Safana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bule Asal Amerika Serikat Tusuk Mertua Hingga Tewas

Senin, 25 September 2023 | 17:34 WIB

Memohon Turun Hujan, Pemkab Bekasi Gelar Sholat Istisqa

Senin, 25 September 2023 | 17:21 WIB
X