Gratis, Uji Kompetensi Sertifikasi PLD Wilayah Jawa Barat II dan IV

- Sabtu, 12 November 2022 | 07:54 WIB
Gratis, Uji Kompetensi Sertifikasi PLD Wilayah Jawa Barat II dan IV. (Foto: Istimewa)
Gratis, Uji Kompetensi Sertifikasi PLD Wilayah Jawa Barat II dan IV. (Foto: Istimewa)

SINAR JABAR - Lembaga Sertifikasi Profesi Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal danTransmigrasi (LSPKDPDTT) kembali melaksanakan uji kompetensi sertifikasi secara gratis bagi Pendamping Lokal Desa (PLD) untuk Wilayah Jawa Barat II dan Jawa Barat IV di Hotel Belviu, Bandung, Jawa Barat, pada 8-12 November 2022.

Lead Asesor Jabar II, Ismail A. Zainuri mengatakan, kegiatan asesmen ini diikuti sebanyak 180 orang yang dibagi menjadi 2 (Dua) Wilayah, yakni Jawa Barat II dan IV, masing-masing diikuti oleh 90 PLD dari beberapa Kabupaten, yaitu Majalengka, Garut, Indramayu, Cirebon, Bandung Barat, Ciamis dan Cianjur.

"Setiap Asesi PLD harus membuktikan portofolio yang mereka miliki sebagaimana yang dicantumkan dalam APL 01 dan APL 02 dihadapan Asesor Kompetensi masing-masing, baik aspek valid, aktual, terkini dan memadai sehingga layak direkomendasikan kompeten," kata Ismail dalam keterangannya, Sabtu 12 November 2022.

Baca Juga: Ratusan Buruh Geruduk Kantor Disnakertrans Purwakarta, Sampaikan Sejumlah Tuntutan

Dia menambahkan, Tim Asesor Kompetensi Wilayah Jabar II terdiri dari 4 (Empat) orang, yakni: Ismail A. Zainuri, Rusdin M Nur, Sondang Hutagalung dan Evy Nurmilasari.

Tim ini dibantu oleh administrator LSP, yaitu, Ismaaela dan Ida Manfaza, didukung pula oleh panitia pengelola, yaitu Thomas, Nikiyo dan Redin serta peninjau/pengamat yaitu, Taupik.

Sementara itu, Lead Asesor Jabar IV, Nurul Hadi menambahkan, portofolio yang mereka miliki harus sesuai dengan skema PLD yang terdiri dari 8 Unit Kompetensi, yaitu melakukan fasilitasi pendataan desa. Melakukan fasilitasi pemanfaatan data desa. Melakukan fasilitasi perencanaan pembangunan desa.

Baca Juga: Cek Usulan APBD 2023, Banggar DPRD Kunker ke Sekretariat Pemkab Purwakarta

Kemudian, melakukan fasilitasi pelaksanaan pembangunan desa. Melakukan monitoring kegiatan pembangunan desa. Melakukan fasilitasi pertanggungjawaban pembangunan desa.

Halaman:

Editor: M. Rizal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ridwan Kamil Selalu Lihat Sosok Ini di Makam Eril

Sabtu, 17 Desember 2022 | 10:08 WIB

UMP Jawa Barat Tahun 2023 Sebesar Rp1.986.670,17

Rabu, 30 November 2022 | 09:12 WIB
X