• Minggu, 3 Juli 2022

OJK Kembali Tutup 7 Investasi Bodong dan 100 Pinjol Ilegal

- Senin, 23 Mei 2022 | 12:30 WIB
OJK Kembali Tutup 7 Investasi Bodong dan 100 Pinjol Ilegal. (Ilustrasi)
OJK Kembali Tutup 7 Investasi Bodong dan 100 Pinjol Ilegal. (Ilustrasi)

SINAR JABAR - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) disebutkan kembali menutup tujuh entitas yang menjalankan kegiatan investasi yang tidak berizin alias bodong serta memblokir 100 pinjaman online (pinjol) ilegal.

Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI) Tongam L. Tobing meminta masyarakat tetap berhati-hati dalam memilih penawaran investasi dan menggunakan pinjaman secara daring.

Secara terperinci, Tongam menjelaskan ketujuh investasi bodong itu berupa dua entitas melakukan money game, satu entitas melakukan penjualan langsung tanpa izin, dua entitas melakukan kegiatan forex dan robot trading, satu entitas memperdagangkan aset kripto tanpa izin, serta satu entitas terkait lainnya.

Baca Juga: Dua Agenda Prioritas Dalam Konbes NU 2022

“Selain menghentikan dan mengumumkan kepada masyarakat, Satgas Waspada Investasi juga melakukan pemblokiran terhadap situs atau website serta aplikasi dan menyampaikan laporan informasi ke Bareskrim Polri,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin, 23 Mei 2022.

Menurut Tongam, Satgas tidak pernah melarang penarikan dana dari para korban investasi bodong.

Kata dia, setiap entitas yang dihentikan kegiatannya diperintahkan untuk mengembalikan kerugian masyarakat.

Baca Juga: Dua Direksi Wanita Bank bjb Masuk TOP 100 Most Oustanding Women 2022

“Satgas Waspada Investasi juga telah melakukan pemanggilan terhadap influencer yang memasarkan produk broker ilegal OctaFx, yaitu Ida Bagus Aswin alias Gus Aswin selaku founder Tubi Indonesia. Kepada Gus Aswin, Satgas Waspada Investasi meminta untuk menghentikan segala kegiatan yang mempromosikan dan memfasilitasi broker OctaFx karena merupakan pelanggaran hukum,” jelasnya.

Halaman:

Editor: M. Rizal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sosok Tjahjo Kumolo Dimata Wapres Ma’ruf Amin

Sabtu, 2 Juli 2022 | 07:00 WIB

Kasus Roy Suryo, Polisi: Sudah Tahap Penyidikan

Rabu, 29 Juni 2022 | 07:00 WIB
X