• Minggu, 3 Juli 2022

Komisi II Diminta Kaji Penggunaan Kotak Suara dari Kardus di Pemilu 2024

- Senin, 23 Mei 2022 | 14:00 WIB
Komisi II Diminta Kaji Penggunaan Kotak Suara dari Kardus di Pemilu 2024. (Foto: Oji/nvl/DPR)
Komisi II Diminta Kaji Penggunaan Kotak Suara dari Kardus di Pemilu 2024. (Foto: Oji/nvl/DPR)

SINAR JABAR - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad meminta Komisi II DPR RI mengkaji penggunaan kotak suara berbahan kardus dalam penyelenggaraan Pemilu 2024.

Menurutnya, Pemilu 2024 yang diselenggarakan pada Februari 2024 masih musim hujan. Sehingga, berpotensi mengakibatkan kerusakan material kotak suara yang berbahan kardus tersebut.

"Kami akan meminta komisi teknis dalam hal ini Komisi II untuk mengkaji (kotak suara berbahan kardus)," kata Dasco kepada awak media dikutip dari laman resmi DPR RI, Senin, 23 Mei 2022.

Baca Juga: OJK Kembali Tutup 7 Investasi Bodong dan 100 Pinjol Ilegal

Pimpinan DPR RI Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan (Korekku) ini menekankan pentingnya keamanan kertas suara di dalam kotak berbahan kardus. Dia mempertanyakan daya tahan kotak suara di tengah cuaca hujan.

"Apakah kemudian dari segi keamanan itu memenuhi syarat keamanan, mengingat bulan Februari (saat Pemilu digelar) masih dalam masa hujan," tambah politisi Partai Gerindra ini.

Jika pengkajian dapat memastikan keamanan kertas suara, Dasco mempersilakan kotak kardus tetap dipakai. Jika tidak, maka mesti dipikirkan material pengganti.

Baca Juga: Kejagung Hentikan 1.070 Perkara Lewat Restorative Justice

Lanjut Dasco, apabila setelah dilakukan pengkajian ternyata kotak suara berbahan kardus itu aman, maka silahkan saja KPU menggunakannya lagi dalam Pemilu nanti.

Halaman:

Editor: M. Rizal

Sumber: dpr.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sosok Tjahjo Kumolo Dimata Wapres Ma’ruf Amin

Sabtu, 2 Juli 2022 | 07:00 WIB

Kasus Roy Suryo, Polisi: Sudah Tahap Penyidikan

Rabu, 29 Juni 2022 | 07:00 WIB
X