• Selasa, 9 Agustus 2022

Presiden Kunker ke Luar Negeri, Wapres Pimpin Pemerintahan hingga 2 Juli 2022

- Selasa, 28 Juni 2022 | 12:10 WIB
Presiden Kunker ke Luar Negeri, Wapres Pimpin Pemerintahan hingga 2 Juli 2022. (Foto: EP/AS-BPMI Setwapres)
Presiden Kunker ke Luar Negeri, Wapres Pimpin Pemerintahan hingga 2 Juli 2022. (Foto: EP/AS-BPMI Setwapres)

SINAR JABAR - Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin memimpin pemerintahan Indonesia hingga 2 Juli 2022 berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) RI Nomor 9 Tahun 2022 tentang Penugasan Wakil Presiden Melaksanakan Tugas Presiden.

"Menetapkan: kesatu, menugaskan Wakil Presiden (Wapres) untuk melaksanakan tugas sehari-hari Presiden sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan selama Presiden melaksanakan kunjungan kerja dan/atau kenegaraan ke Jerman, Polandia, Ukraina, Rusia, dan Persatuan Emirat Arab pada tanggal 26 Juni sampai dengan 2 Juli 2022, atau sampai dengan tanggal tiba kembali di Tanah Air," demikian disebutkan dalam keppres tersebut yang diakses dari laman Sekretariat Negara pada Selasa, 28 Juni 2022.

Tujuan Wapres melaksanakan tugas sehari-hari Presiden tersebut dalam keppres disebutkan untuk menjaga lancarnya pelaksanaan pemerintahan.

Baca Juga: Kasihan, Seorang Nenek di Purwakarta Terkurung Dalam Rumah Sendiri

"Kedua, apabila dalam jangka waktu penugasan tersebut, perlu segera ditetapkan suatu kebijakan baru, Wakil Presiden sebagai pelaksana tugas Presiden wajib terlebih dahulu berkonsultasi dan meminta persetujuan kepada Presiden," demikian tertulis.

Butir ketiga ketetapan keppres adalah setelah Presiden berada kembali di Tanah Air, penugasan berakhir dan Wakil Presiden segera melaporkan pelaksanaan tugas tersebut kepada Presiden.

Keppres tersebut berlaku sejak tanggal ditetapkan yaitu 24 Juni 2022.

Baca Juga: Viral, Mobil Avanza Misterius Terparkir di PT Japfa Wanayasa Purwakarta

Saat konferensi pers sebelum berangkat, Presiden Jokowi menjelaskan tujuannya melakukan lawatan ke sejumlah negara adalah untuk mengusung perdamaian antara Ukraina dan Rusia.

Halaman:

Editor: M. Rizal

Sumber: jabar.antaranews.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kasus Brigadir J, Kapolri Mutasi 15 Anggota Polri

Jumat, 5 Agustus 2022 | 08:59 WIB
X