• Selasa, 9 Agustus 2022

MUI Diminta Siapkan Fatwa Soal Penggunaan Ganja untuk Medis

- Rabu, 29 Juni 2022 | 06:00 WIB
KH Ma’ruf Amin usai memimpin rapat pimpinan MUI di Kantor MUI, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 28 Juni 2022. (Foto: Dok. MUI)
KH Ma’ruf Amin usai memimpin rapat pimpinan MUI di Kantor MUI, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 28 Juni 2022. (Foto: Dok. MUI)

SINAR JABAR - Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Ma’ruf Amin meminta Komisi Fatwa MUI untuk segera membuat fatwa terkait dengan penggunaan ganja untuk medis.

Hal ini disampaikan oleh KH Ma’ruf Amin usai memimpin rapat pimpinan MUI di Kantor MUI, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 28 Juni 2022.

“Bahwa ganja itu memang dilarang dalam Islam. Masalah kesehatan itu MUI harus membuat fatwanya, fatwa baru kebolehannya itu,” kata Kiai Ma’ruf yang juga Wakil Presiden RI itu.

Baca Juga: Seorang Ibu Hamil Diancam Pakai Celurit oleh Komplotan Begal

Kiai Ma’ruf mengakui, sampai saat ini penggunaan ganja di Indonesia memang masih dilarang. Bahkan, dalam Alquran sangat jelas bahwa hukumnya adalah haram.

Kiai Ma’ruf menyampaikan, bahwa nantinya fatwa yang dikeluarkan oleh MUI akan menjadi pedoman khususnya bagi DPR yang akan membahas legalisasi ganja untuk medis.

“Saya kira MUI akan segera mengeluarkan fatwanya untuk bisa dipedomani oleh DPR,” tuturnya.

Baca Juga: Transaksi Solar dan Pertalite Gunakan Aplikasi MyPertamina

Kiai Ma’ruf menuturkan, bahwa penggunaan ganja secara berlebihan juga akan menimbulkan kemudharatan.

Halaman:

Editor: M. Rizal

Sumber: mui.or.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kasus Brigadir J, Kapolri Mutasi 15 Anggota Polri

Jumat, 5 Agustus 2022 | 08:59 WIB
X