• Minggu, 25 September 2022

Bawaslu Teken SKB Netralitas ASN bersama KASN, BKN, Kemendagri dan KemenpanRB

- Kamis, 22 September 2022 | 14:44 WIB
Ketua Bawaslu Rahmat Bagja menandatangani Surat Keputusan Bersama (SKB) Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) (Dok.Bawaslu RI)
Ketua Bawaslu Rahmat Bagja menandatangani Surat Keputusan Bersama (SKB) Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) (Dok.Bawaslu RI)

SINAR JABAR - Guna memastikan Pemilu 2024 mendatang berjalan bersih dan transparan, Bawaslu menandatangani Surat Keputusan Bersama (SKB) Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN).

Yakni bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB), Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja menjelaskan, SKB ini menunjukkan keseriusan pemerintah dalam menjaga netralitas ASN dalam penyelenggaraan pemilu 2024. Sehingga ASN yang terbukti melanggar akan menerima sanksi.

Baca Juga: Waspada Pencatutan Nama di Parpol, Bawaslu: Silakan Cek Rutin

"Ini positif dan mendorong pemilu ke depan agar lebih baik lagi dan terhindar dari seluruh intervensi terhadap ASN," ucap Bagja di Gedung KemenpanRB, Jakarta, Kamis (22/9/2022).

Senada dengan itu, Menpan-RB Azwar Anas mengecam segala tindakan pelanggaran yang menodai Netralitas ASN.

Sebab, lanjut Azwar, sanksi bisa dimulai dari peringatan sampai pemberhentian jika melakukan pelanggaran-pelanggaran berat.

Baca Juga: DPR Sepakati Pagu Anggaran KPU dan Bawaslu Tahun 2023, Ini Rinciannya

"Tahapan ini akan kita kawal sebagaimana komitmen pemerintah untuk menjalankan proses pemilihan di semua tingkatan berjalan dengan baik dan transparan," kata Azwar.

Halaman:

Editor: Heru Kurniawan

Sumber: Bawaslu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ferdy Sambo Ajukan Gugatan ke PTUN, Ini Respons Polri

Sabtu, 24 September 2022 | 12:59 WIB

Polisi Amankan Delapan Pelajar Pelaku Tawuran di Bekasi

Jumat, 23 September 2022 | 14:14 WIB
X