BLT Dana Desa Bisa Ditiadakan, Ini Syaratnya

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 08:44 WIB
BLT Dana Desa Bisa Ditiadakan, Ini Syaratnya. (Foto: Net)
BLT Dana Desa Bisa Ditiadakan, Ini Syaratnya. (Foto: Net)

SINAR JABAR - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar menyatakan kepala desa bisa menghapus BLT Dana Desa. Syaratnya desa yang bersangkutan sudah tidak ada warga miskin.

Gus Halim, sapaan akrab Abdul Halim Iskandar menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan salah satu poin perubahan prioritas penggunaan Dana Desa dari tahun sebelumnya.

Jika sebelumnya mewajibkan minimal 40 persen untuk BLT Dana Desa, maka diubah menjadi maksimal 25 persen saja dan bisa ditiadakan bagi desa yang sudah mencapai SDGs Desa pertama.

Baca Juga: Komisi I DPR RI Setujui Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI

“Itu artinya kalau memang di desanya pak Kades dan bu Kades sudah benar-benar tidak ada yang miskin ekstrim, tidak ada yang kena dampak Covid-19 maka BLT bisa ditiadakan. Tapi harus dibuktikan bahwa desanya sudah mencapai SDGs pertama, yakni Desa Tanpa Kemiskinan,” kata Gus Halim belum lama ini.

Terkait hal itu, Gus Halim mengingatkan kepada kepala desa agar selalu mengupdate data berbasis SDGs Desa sebagai data mikro yang akan memotret arah pembangunan desa. Dengan demikian, penggunaan dana desa dapat mengacu pada data tersebut.

Perubahan lainnya prioritas penggunaan dana desa sebagaimana tertuang dalam Permen Nomor 8 Tahun 2022, yakni terdapat dana operasional pemerintah desa senilai 3 persen dari total Dana Desa tiap tahunnya.

Baca Juga: Bupati Purwakarta Singgung Kepala Desa yang Memusuhinya, Ambu Anne: Jangan Korbankan Masyarakat

Perubahan tersebut sebagai bentuk apresiasi kepada kepala desa yang selama ini bekerja dan melayani warganya selama 24 jam.

Halaman:

Editor: M. Rizal

Sumber: kemendesa.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nah Lho! Tunjangan Kinerja PNS Terancam Dipotong

Kamis, 19 Januari 2023 | 22:07 WIB

Nah Lho! Menteri Keuangan Sri Mulyani Marah

Selasa, 3 Januari 2023 | 17:02 WIB

Resmi, Pemerintah Cabut Kebijakan PPKM

Sabtu, 31 Desember 2022 | 11:05 WIB

Dilarang Jual Rokok Batangan, Ini Alasannya

Rabu, 28 Desember 2022 | 10:50 WIB
X