• Selasa, 9 Agustus 2022

Pilkada Purwakarta, Pospera: Petahana Lemah, Tapi Belum Ada Kompetitor Kuat

- Minggu, 27 Februari 2022 | 19:24 WIB
Pilkada Purwakarta, Pospera: Petahana Lemah, Tapi Belum Ada Kompetitor Kuat. (pixabay.com)
Pilkada Purwakarta, Pospera: Petahana Lemah, Tapi Belum Ada Kompetitor Kuat. (pixabay.com)

SINAR JABAR - Pilkada serentak diagendakan akan digelar pada 27 November 2024 mendatang. Karena masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Purwakarta akan habis pada September 2023, akan ada kekosongan jabatan yang nantinya diisi oleh penjabat bupati atau pelaksana tugas kepala daerah selama setahun atau lebih.

Menurut Ketua Dewan Pimpinan Cabang Posko Perjuangan Rakyat (DPC Pospera) Kabupaten Purwakarta, Sutisna Sonjaya, panjangnya masa kekosongan jabatan Bupati dan Wakil Bupati Purwakarta, secara politik akan merugikan incumbent atau petahana.

Pasalnya, selama masa kekosongan menunggu Pilkada digelar, petahana tidak bisa memainkan politik anggaran untuk kepentingan pencalonannya di Pilkada yang diagendakan akan digelar secara serentak itu.

Baca Juga: Kabareskrim: Kurang Bukti, Kasus Dugaan Korupsi Nurhayati Bakal Dihentikan

"Artinya secara politik atau bahkan mungkin secara logistik, petahana atau incumbent dalam posisi lemah. Mereka juga kemungkinan besar tidak bisa memanfaatkan sumber daya birokrasi dan fasilitas negara lainnya karena ada pelaksana tugas kepala daerah," kata Sutisna kepada awak media, Minggu, 27 Februari 2022.

Pertanyaannya, lanjut Sutisna, adakah kompetitor yang kuat untuk bertarung melawan petahana di Pilkada Purwakarta pada 2024 mendatang? Sejauh ini, Sutisna belum melihat itu, atau setidaknya gerakan-gerakan ke arah itu.

"Harus ada figur alternatif untuk bertarung melawan petahana pada Pilkada nanti. Sejauh ini, belum terlihat, mungkin 2023 nanti akan mulai bermunculan," kata Sutisna.

Baca Juga: Purwakarta Tambah 146 Kasus Covid-19 Sehari, Satu Kecamatan Zona Hijau

Namun demikian, Kader Adian Napitupulu itu tidak menampik bahwa ada figur-figur lain yang berasal dari tokoh atau politisi perempuan di Purwakarta yang berpontensi bisa maju pada Pilkada Purwakarta mendatang.

Halaman:

Editor: M. Rizal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Anak Bupati Purwakarta Mau Nyaleg PKS

Selasa, 26 Juli 2022 | 17:08 WIB

Politisi Pertanyakan Kinerja KPU Purwakarta

Rabu, 13 Juli 2022 | 17:42 WIB
X