• Minggu, 2 Oktober 2022

NasDem Nilai Usulan Penundaan Amendemen Konstitusi Sudah Tepat

- Selasa, 22 Maret 2022 | 07:30 WIB
NasDem Nilai Usulan Penundaan Amandemen Konstitusi Sudah Tepat. (Dok, NasDem)
NasDem Nilai Usulan Penundaan Amandemen Konstitusi Sudah Tepat. (Dok, NasDem)

SINAR JABAR - Ketua Fraksi NasDem MPR Taufik Basari mengatakan fraksinya mendukung keputusan Fraksi PDI Perjuangan untuk menunda usulan amendemen konstitusi karena sejalan dengan sikap Fraksi NasDem.

Tabuas, sapaannya, menilai sudah tepat jika Fraksi PDI Perjuangan MPR RI sebagai salah satu pengusung amendemen konstitusi untuk memasukkan Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN) memutuskan menunda usulan amendemen konstitusi.

“Hal ini sejalan dengan sikap NasDem yang sejak awal mengusulkan agar usulan amendemen ini dikaji ulang dan tidak dipaksakan untuk dilaksanakan saat ini,” kata Taufik Basari dikonfirmasi Antara, Senin, 21 Maret.

Baca Juga: Milenial Purwakarta Ramai-ramai Daftar Bacaleg PKB

Dia menilai penundaan usulan itu mencegah agar gagasan amendemen konstitusi terkait PPHN tidak menjadi meluas dengan memasukkan usulan masa jabatan presiden 3 periode maupun usulan perpanjangan masa jabatan melalui penundaan pemilu.

Menurut dia, Fraksi NasDem sejak awal mengingatkan bahwa isu amendemen untuk PPHN ini akan membuka kotak pandora kemungkinan dorongan untuk amendemen soal masa jabatan presiden.

“Karena itu menunda usulan amendemen konstitusi dan pembahasan PPHN merupakan langkah yang tepat pada saat ini,” ujarnya.

Baca Juga: DPMD Purwakarta Dinilai Abaikan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa

Taufik menjelaskan sejak awal periode MPR RI 2019-2024, Fraksi NasDem MPR RI telah mengkritisi gagasan amendemen konstitusi yang dimunculkan kembali terkait dengan keinginan memasukkan PPHN dalam amendemen kelima UUD 1945.

Halaman:

Editor: M. Rizal

Sumber: jabar.antaranews.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Musda KNPI Purwakarta Ditunda, Ini Penyebabnya

Minggu, 25 September 2022 | 19:43 WIB

Mardiono Kantongi SK Kemenkumham sebagai Plt Ketum PPP

Sabtu, 10 September 2022 | 12:50 WIB

Ribuan Emak-emak Dukung Gus Muhaimin Presiden 2024

Jumat, 9 September 2022 | 11:51 WIB

Rocky Gerung Sebut Gus Muhaimin Capres Kaya Gagasan

Kamis, 8 September 2022 | 06:00 WIB
X