• Kamis, 8 Desember 2022

Gus Muhaimin Festival Dorong Pertumbuhan UMKM Pasca Pandemi

- Sabtu, 10 September 2022 | 21:52 WIB
Gus Muhaimin Festival Dorong Pertumbuhan UMKM Pasca Pandemi. (Foto: Sinar Jabar)
Gus Muhaimin Festival Dorong Pertumbuhan UMKM Pasca Pandemi. (Foto: Sinar Jabar)

SINAR JABAR - Gus Muhaimin Festival yang digelar di berbagai kabupaten/kota di Indonesia diharapkan mampu menggerakkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, khususnya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) mengatakan, setelah dua tahun masyarakat dihantam pandemi memicu stagnasi ekonomi di semua lini kehidupan. Saat ini, geliat ekonomi pernahan mulai pulih sehingga perlu terus didorong agar pemulihan ekonomi masyarakat bisa lebih cepat.

”Pasca pandemi Covid-19, kita ingin menggairahkan kembali seluruh aspek ekonomi, seni, budaya, kemudian keagamaan yang selama dua tahun kita puasa, tidak bisa ketemu. Ini kita gairahkan lagi dengan kegiatan Gus Muhaimin Festival,” ujarnya di sela Gus Muhaimin Festival bertajuk “UMKM Bangkit Lebih Cepat, Indonesia Semakin Kuat” di Taman Blambangan, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu, 10 September 2022.

Baca Juga: Rekomendasi Film Seputar Kerajaan Inggris, Mulai dari Henry V Hingga The King

Dikatakan Gus Muhaimin, kegiatan Gus Muhaimin Festival di Banyuwangi merupakan kelanjutan dari kegiatan serupa yang sebelumnya juga digelar di berbagai daerah lain seperti Lumajang, Jember, SIdoarjo, Gresik dan berbagai kota lainnya.

”Kita akan terus lanjutkan Gus Muhaimin Festival ini di kota-kota lainnya. Ini penting agar semua merasa happy, semua merasa terlibat, kemudian ekonomi bergairah,” ungkapnya.

Khusus di sektor UMKM, kata Gus Muhaimin, ke depan UMKM harus menjadi pilar ekonomi nasional.

Baca Juga: Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia FIFA U20 2023, Ini Pesan Presiden Jokowi

”Kenapa hari ini kita belum bisa bergantung pada UMKM karena belum punya daya tahan yang kuat. Kalau UMKM punya daya tahan yang kuat maka kita bisa bergeser dari ekonomi kapitalistik yang bener-bener didikte oleh pasar ini berpihak ekonomi pada UMKM,” katanya.

Menurut Wakil Ketua DPR RI Bidang Korkesra ini, UMKM memiliki kontribusi yang luar biasa terhadap ekonomi masyarakat dan bangsa sehingga mereka perlu terus dibantu dengan berbagai kegiatan yang produktif.

Halaman:

Editor: M. Rizal

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jelang Pileg 2024, Ihsanudin Gelar Konsolidasi

Rabu, 23 November 2022 | 07:51 WIB

Acara GMP Mengaji Diapresiasi Ulama Ciamis

Minggu, 6 November 2022 | 08:00 WIB

Pengurus DPP PKB Bertemu dengan Presiden Jokowi

Selasa, 1 November 2022 | 08:03 WIB

Musda KNPI Purwakarta Ditunda, Ini Penyebabnya

Minggu, 25 September 2022 | 19:43 WIB
X