Simak Dampak Buruk Bagi Kesehatan Jika Sering Makan dan Minum Dalam Posisi Berdiri

- Selasa, 16 Mei 2023 | 12:14 WIB
Foto: Ilustrasi air putih (Pixabay)
Foto: Ilustrasi air putih (Pixabay)

SINAR JABAR - Hingga saat ini masih banyak orang yang sering melakukan kegiatan seperti makan dan minum dalam posisi berdiri.

Hal itu sangat lah susah dihindari bagi orang yang dituntut mengejar waktu agar dapat mengerjakan semua pekerjaan secara ringkas.

Namun siapa sangka, selain dianggap bukan sesuatu yang sopan, makan dan minum dalam posisi berdiri juga dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan lho.

Baca Juga: Segini Tarif Sewa Satu Rangkaian Kereta Api Luar Biasa Dari Bandung ke Bali

Dilansir dari berbagai sumber, berikut dampak buruk bagi kesehatan bila sering melakukan kegiatan makan dan minum dalam posisi berdiri:

Memengaruhi Kesehatan Ginjal

Salah satu dampak buruk dari minum sambil berdiri adalah kesehatan ginjal yang dapat terganggu. Saat minum dalam posisi berdiri, air dapat mengalir dengan cepat menuju perut bagian bawah tanpa disaring. Hal tersebut dapat membuat kotoran yang terkandung pada air menumpuk di kantong empedu sehingga menyebabkan gangguan pada ginjal.

Baca Juga: Ramalan Cuaca Wilayah Purwasuka Hari Ini, Selasa 16 Mei 2023

Selain itu, seseorang yang mempunyai kebiasaan minum sambil berdiri dapat menyulitkan nutrisi untuk mencapai hati sehingga rasa haus sulit diatasi. Maka dari itu, kamu mungkin terus merasa tidak cukup meski telah mengonsumsi beberapa gelas air. Nutrisi dari air yang masuk ke tubuh hanya lewat saja tanpa ada yang terserap oleh tubuh.

Dampak Buruk pada Sendi

Dampak buruk lainnya dari minum sambil berdiri adalah gangguan pada sendi. Salah satu gangguan yang dapat terjadi karena kebiasaan tersebut adalah arthritis. Walau begitu, ternyata hal tersebut tidak tepat. Meski berdampak buruk pada sendi belum tentu dapat menyebabkan terjadinya arthritis karena belum ada bukti ilmiah tentang hal tersebut. Dampak yang lebih parah disebabkan kebiasaan tersebut adalah masalah pada paru-paru dan jantung.

Baca Juga: Optimalisasi Pelayanan Publik Versi Pemkab Purwakarta

Gangguan Pengenceran Kadar Asam

Saat minum, tubuh dapat mengencerkan kadar asam di dalam tubuh agar tetap sehat. Ketika minum sambil berdiri, proses pengenceran kadar asam tersebut menjadi terganggu. Maka dari itu, penting untuk mengubah kebiasaan itu agar kadar asam pada tubuh dapat diredam. Sehingga hanya semua hal baik saja yang dapat berdampak bagi tubuh.

Halaman:

Editor: Heru Kurniawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BREAKING NEWS: Anne Ratna Mustika Terima Akta Cerai

Jumat, 29 September 2023 | 20:44 WIB

Ini Profile Singkat Pj Bupati Purwakarta Benni Irwan

Sabtu, 23 September 2023 | 09:08 WIB
X