• Kamis, 8 Desember 2022

KIP Jabar: Purwakarta di Bawah Standar Dalam Transparansi Informasi Publik

- Minggu, 25 Februari 2018 | 05:59 WIB
IMG-20180224-WA0030-1
IMG-20180224-WA0030-1

Purwakarta,SinarJabar - Hasil monitoring dan fakta dilapangan, Purwakarta buruk dalam transparansi dan keterbukaan publik. Hal tersebut diungkapkan Komisi Informasi Publik (KIP) Jawa Barat, Budi Yoga Permana pada seminar pencegahan, penindakan Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN) dan Deklarasi pemuda anti korupsi yang di gelar di gedung da'wah Jl. Ahmad Yani Kelurahan Cipaisan, Purwakarta, Sabtu (24/2/2018).

"Dalam hal transparansi informasi publik, bahwa hasil monev dilapangan, Purwakarta masih di bawah 15 Kabupaten/kota se Jabar, jadi masih di bawah standar," ujar Budi, didepan ratusan peserta seminar.

Menurutnya, Purwakarta salah satu dari 15 kabupaten yang tidak memiliki kebijakan soal transparansi, keterbukaan informasi publik dan penyebaran informasi, sehingga masyarakat akan kesulitan untuk memperoleh informasi.

"Purwakarta tidak mempunyai kebijakan yang jelas terkait transparansi dan keterbukaan publik, Tak heran jika warga yang mengajukan informasi tidak dilayani dengan baik," tandasnya.

Sementara, Ahmad Syarifudin salah satu peserta seminar pencegahan korupsi menceritakan saat ia sedang mencari informasi soal peraturan daeran, peraturan bupati dan soal penggunaan APBD, yang hingga saat ini, pihaknya masih belum mengetahui soal pendapatan daerah dan penggunaannya untuk apa saja.

"Tiga bulan kemarin saya mencoba untuk mencari informasi soal APBD. Prosedur sudah kami tempuh, yakni melayangkan beberapa surat pada pemda Purwakarta, al hasil mereka saling melempar kesana ke sini," beber Syarif, kader PMII Purwakarta saat ditemui usai kegiatan.

Ia melanjutkan, bahwa pemkab seolah-olah menutup rapat-rapat pada mahasiswa untuk memperoleh informasi soal pengelolaan anggaran atau informasi yang lainnya.

"Jika hal yang sama yang kami dapatkan saat memperoleh informasi, maka kami akan mengambil langkah untuk mengsengketakan hal tersebut pada KIP Jabar," Tegasnya.

Diketahui, seminar tersebut hadiri oleh kejaksaan negeri (kejari), Polres, Kemenag, Disdik Kabupaten Purwakarta, Jabar Media Network, KIP Jabar dan para mahasiswa, IPNU, IPPNU Purwakarta. (nas)

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Aa Gym: Jangan Menuhankan Followers di Media Sosial

Selasa, 6 Desember 2022 | 09:18 WIB

Simak, Ini Cara Agar Emosi Mudah Mereda

Rabu, 23 November 2022 | 07:38 WIB

Hari Santri Nasional, Tugas Santri di Era Postmodern

Sabtu, 29 Oktober 2022 | 15:09 WIB
X