Gejala Stroke Ternyata Bisa Muncul 10 Tahun Sebelum Serangan, Yuk Kenali Cirinya

- Selasa, 11 Oktober 2022 | 10:31 WIB
Ilustrasi. Kenali gejala stroke. (Foto: iStockphoto/peterschreiber.media)
Ilustrasi. Kenali gejala stroke. (Foto: iStockphoto/peterschreiber.media)

SINAR JABAR - Stroke adalah kondisi ketika pasokan darah ke otak terganggu karena penyumbatan (stroke iskemik) atau pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik).

Stroke menyebabkan area tertentu pada otak tidak mendapat suplai oksigen dan nutrisi sehingga terjadi kematian sel-sel otak.

Stroke merupakan keadaan darurat medis, karena tanpa suplai oksigen dan nutrisi, sel-sel pada bagian otak yang terdampak bisa mati hanya dalam hitungan menit. Akibatnya, bagian tubuh yang dikendalikan oleh area otak tersebut tidak bisa berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Kehidupan Pribadinya Dilanda Ujian, Ambu Anne Unggah Pesan dari Ali bin Abi Thalib, Ini Maknanya

Salah satu ciri dari serangan Stroke adalah terjadi secara tiba-tiba. Meski begitu, tanda peringatan stroke ternyata bisa muncul sekitar 10 tahun lebih awal.

Mengacu pada Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Stroke atau serangan otak adalah kondisi yang terjadi ketika aliran darah ke bagian tertentu otak terhambat.

Hambatan ini bisa disebabkan oleh adanya sumbatan di dalam pembuluh darah otak atau oleh pecahnya pembuluh darah otak.

Baca Juga: Ringkus 4 Oknum Wartawan di Purwakarta, Polisi Amankan 2 Mobil hingga Uang Jutaan Rupiah

Ketika serangan Stroke terjadi, beberapa gejala bisa muncul secara tiba-tiba.

Kementerian Kesehatan menyebut gejala Stroke adalah senyum tidak simetris, gerak separuh anggota tubuh melemah, tiba-tiba sulit bicara, atau ucapan sulit dimengerti.

Selain gejala yang muncul saat serangan, beberapa tanda peringatan juga bisa muncul jauh sebelum stroke terjadi. Hal ini diungkapkan oleh sebuah studi dalam Journal of Neurology Neurosurgery and Psychiatry.

Baca Juga: Tiga Sepeda Motor Terlibat Kecelakaan, Seorang Pelajar Tewas di Tempat

Menurut studi, beberapa tanda yang muncul jauh sebelum serangan Stroke terjadi adalah penurunan fungsi kognitif yang lebih cepat dan masalah untuk berfungsi dalam keseharian.

Tanda-tanda ini biasanya muncul sekitar satu dekade sebelum serangan Stroke pertama terjadi. Hal ini diketahui setelah tim peneliti menganalisis data dari 14.712 partisipan dalam studi Rotterdam Study.

Halaman:

Editor: M. Rizal

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ekspedesi Purwacarita Komunitas Bela Purwakarta

Kamis, 23 Maret 2023 | 10:12 WIB

Anne Ratna Mustika, Full Senyum Sayang

Sabtu, 18 Maret 2023 | 09:21 WIB
X